Institusion
Universitas Siliwangi
Author
Aliscaputri, Salgis Nazifa
Subject
H Social Sciences (General)
Datestamp
2023-07-17 08:04:16
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal, lama usaha,
pendidikan, dan digital marketing terhadap pendapatan pelaku UMKM di Sentra
Industri Kulit Sukaregang Kabupaten Garut. Penelitian ini menggunakan data
primer dengan cara wawancara dan kuesioner kepada para pelaku UMKM di Sentra
Industri Kulit Sukaregang Kabupaten Garut. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif menggunakan teknik
analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menggunakan Eviews 10.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel modal, lama usaha,
dan pendidikan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap pendapatan pelaku
UMKM, sedangkan variabel digital marketing memiliki hubungan positif namun
tidak signifikan terhadap pendapatan pelaku UMKM. Secara bersama-sama modal,
lama usaha, pendidikan, dan digital marketing berpengaruh signifikan terhadap
pendapatan pelaku UMKM. Hasil uji determinasi menunjukkan bahwa nilai R
square sebesar 0,831731. Hal tersebut berarti modal, lama usaha, pendidikan, dan
digital marketing mampu menjelaskan perubahan pada pendapatan pelaku UMKM
di Sentra Industri Kulit Sukaregang Kabupaten Garut sebesar 83% dan sisanya 17%
dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian ini.
Kata Kunci: Pendapatan, Modal, Lama Usaha, Pendidikan, Digital Marketing