DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODAL, LAMA USAHA, PENDIDIKAN, DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP PENDAPATAN PELAKU UMKM DI SENTRA INDUSTRI KULIT SUKAREGANG KABUPATEN GARUT
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
Aliscaputri, Salgis Nazifa
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2023-07-17 08:04:16 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal, lama usaha, pendidikan, dan digital marketing terhadap pendapatan pelaku UMKM di Sentra Industri Kulit Sukaregang Kabupaten Garut. Penelitian ini menggunakan data primer dengan cara wawancara dan kuesioner kepada para pelaku UMKM di Sentra Industri Kulit Sukaregang Kabupaten Garut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menggunakan Eviews 10. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel modal, lama usaha, dan pendidikan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap pendapatan pelaku UMKM, sedangkan variabel digital marketing memiliki hubungan positif namun tidak signifikan terhadap pendapatan pelaku UMKM. Secara bersama-sama modal, lama usaha, pendidikan, dan digital marketing berpengaruh signifikan terhadap pendapatan pelaku UMKM. Hasil uji determinasi menunjukkan bahwa nilai R square sebesar 0,831731. Hal tersebut berarti modal, lama usaha, pendidikan, dan digital marketing mampu menjelaskan perubahan pada pendapatan pelaku UMKM di Sentra Industri Kulit Sukaregang Kabupaten Garut sebesar 83% dan sisanya 17% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian ini. Kata Kunci: Pendapatan, Modal, Lama Usaha, Pendidikan, Digital Marketing 
Institution Info

Universitas Siliwangi