Abstract :
NANDA ARDISIA FATHUNNISA. 2022. Students? Perception of
Storytelling in The Speaking Task. Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Siliwangi Tasikmalaya.
Penggunaan storytelling dalam pembelajaran berbicara menarik untuk dibahas dan
diteliti. Banyak penelitian yang telah menghasilkan bahwa storytelling
memberikan dampak yang positif pada keterampilan berbicara siswa khususnya
bagi siswa pembelajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Namun penting juga
adanya penelitian yang fokus pada persepsi siswa-siswa terkait penggunaan
storytelling dalam pembelajaran berbicara. Oleh karena itu, penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui persepsi. Penelitian ini menelaah persepsi para siswa
terhadap storytelling. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah tiga siswa dari
salah satu sekolah menengah pertama negeri di Tasikmalaya. Penelitian ini
menggunakan studi kasus deskriptif sebagai metode penelitian. Data penelitian
diperoleh dengan wawancara untuk selanjutnya dianalisis menggunakan tematik
analisis. Adapun hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga tema yaitu
berdasarkan tujuan, keabsahan, dan tantangan yang menunjukkan bahwa
storytelling di pembelajaran berbicara senantiasa mendapatkan persepsi positif
dari siswa-siswa. Melalui storytelling, siswa-siswa secara aktif dapat berbagi ide,
informasi, atau opini dengan temannya dikarenakan mereka sudah familiar dengan
aktifitas storytelling di kehidupan mereka sehari-harinya.
Kata kunci: Kemampuan Berbicara, Storytelling