DETAIL DOCUMENT
NANDA ARDISIA FATHUNNISA. 2022. Students’ Perception of Storytelling in The Speaking Task. Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Siliwangi Tasikmalaya
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
FATHUNNISA, NANDA ARDISIA
Subject
PR English literature 
Datestamp
2023-07-17 08:15:54 
Abstract :
NANDA ARDISIA FATHUNNISA. 2022. Students? Perception of Storytelling in The Speaking Task. Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Penggunaan storytelling dalam pembelajaran berbicara menarik untuk dibahas dan diteliti. Banyak penelitian yang telah menghasilkan bahwa storytelling memberikan dampak yang positif pada keterampilan berbicara siswa khususnya bagi siswa pembelajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Namun penting juga adanya penelitian yang fokus pada persepsi siswa-siswa terkait penggunaan storytelling dalam pembelajaran berbicara. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi. Penelitian ini menelaah persepsi para siswa terhadap storytelling. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah tiga siswa dari salah satu sekolah menengah pertama negeri di Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan studi kasus deskriptif sebagai metode penelitian. Data penelitian diperoleh dengan wawancara untuk selanjutnya dianalisis menggunakan tematik analisis. Adapun hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga tema yaitu berdasarkan tujuan, keabsahan, dan tantangan yang menunjukkan bahwa storytelling di pembelajaran berbicara senantiasa mendapatkan persepsi positif dari siswa-siswa. Melalui storytelling, siswa-siswa secara aktif dapat berbagi ide, informasi, atau opini dengan temannya dikarenakan mereka sudah familiar dengan aktifitas storytelling di kehidupan mereka sehari-harinya. Kata kunci: Kemampuan Berbicara, Storytelling 
Institution Info

Universitas Siliwangi