Abstract :
ELVIRA SAFITRI, 2023. ANALISIS KETERLIBATAN DAN RESPON
PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM
REPRODUKSI MANUSIA DI MASA NORMALISASI PANDEMI COVID?19 DI SMA NEGERI 6 TASIKMALAYA (Studi Analisis di Kelas XI MIPA
SMA Negeri 6 Tasikmalaya). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya.
Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan keterlibatan
dan respon peserta didik pada materi sistem reproduksi manusia di masa
normalisasi pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2022
sampai Maret 2023. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
purposive samping sebanyak 32 orang. Instrumen penelitian ini yaitu
menggunakan angket keterlibatan peserta didik hasil adaptasi dari Reeve & Tseng
(2011) sebanyak 17 pernyataan, angket respon hasil adaptasi dari Zainuddin
(2020) sebanyak 18 pernyataan, wawancara semi terstruktur kepada peserta didik
dan guru, serta observasi partisipatif di kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 6
Tasikmalaya. Analisis data yang digunakan yakni model Miles dan Huberman
yang terdiri dari data reduction, data display, dan conclusion
drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan peserta
didik pada materi sistem reproduksi manusia berada pada kategori kuat dengan
persentase 77% dan respon peserta didik pada materi sistem reproduksi manusia
berada pada kategori kuat dengan persentase 75%. Dengan demikian pelaksanaan
pembelajaran di masa normalisasi pandemi Covid-19 ini mendapat keterlibatan
yang tinggi serta respon yang positif dari peserta didik karena partisipasi peserta
didik yang cukup tinggi dalam bertanya, menjawab pertanyaan guru, aktif di kelas
dan berbagai sikap positif lainnya. Adapun untuk saran kepada peneliti
selanjutnya yaitu diharapkan dapat meneliti keterlibatan dan respon peserta didik
dari aspek yang lain dan lebih mendalam.
Kata kunci: Keterlibatan, Respon, dan Normalisasi Pandemi Covid-19