Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains peserta didik
pada materi sistem ekskresi manusia di kelas XI MIPA SMA Negeri 1
Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan yaitu
true experiment dengan desain penelitian posttest-only control group design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 1
Tasikmalaya sebanyak 8 kelas dengan total 283 peserta didik. Teknik
pengambilan sampel dilakukan dengan metode cluster random sampling. Sampel
yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas 2 kelas, yaitu kelas XI MIPA 2
sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik sebanyak 33 orang dan
kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik sebanyak 39
orang. Teknik pengumpulan data berupa pemberian instrumen kemampuan literasi
sains berbentuk soal pilihan berganda sebanyak 37 soal berkaitan dengan materi
sistem ekskresi manusia. Teknik analisis data dilakukan melalui uji prasyarat
analisis dan uji hipotesis. Uji prasyarat analisis menggunakan uji Kolmogorov ?
Smirnov dan diperoleh nilai signifikansi 0.200 > 0.05 dan uji Levene yang
diperoleh nilai signifikansi 0.962 > 0.05. Uji hipotesis menggunakan uji t
independen dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 sehingga H0 ditolak
yang artinya ada pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan
literasi sains peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia di kelas XI MIPA
SMA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Model Pembelajaran; Problem Based Learning; Kemampuan Literasi Sains