Institusion
Universitas Siliwangi
Author
ALWIYASA, RAHMATUL KHALIK
Subject
H Social Sciences (General)
Datestamp
2023-07-18 01:36:59
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Snowball
Throwing untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi Konsep Bank
dan Industri Keuangan Non-Bank. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode
quasi eksperimen bentuk nounequivalent control group design. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMAN 1 Pagelaran yang
berjumlah 152 peserta didik. Teknik pengambilan sampel adalah purposive
sampling yaitu, kelas X-3 (kelas eksperimen) dengan jumlah 30 peserta didik dan
kelas X-5 (kelas kontrol) dengan jumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah menggunakan tes pilihan ganda dan teknik analisis data
yang digunakan yaitu uji paired samples T-test, dan uji independent samples T-test.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta
didik di kelas eksperimen yang menggunakan model Snowball Throwing pada
pengukuran awal dan pengukuran akhir dengan nilai rata-rata n-gain sebesar 0,717
(tinggi). 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol yang
menggunakan model konvensional pada pengukuran awal dan pengukuran akhir
dengan nilai rata-rata n-gain 0,697 (sedang). 3) Tidak terdapat perbedaan
peningkatan kemampuan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan
kelas kontrol.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Snowball Throwing