Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran telur ayam ras,
fungsi pemasaran, margin, biaya, dan keuntungan pemasaran, serta efisiensi
pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menganalisis
saluran pemasaran, fungsi pemasaran, analisis biaya, keuntungan, margin,
distribusi margin dan farmer?s share, serta analisis efisiensi pemasaran. Tempat
penelitian ditentukan secara purposive yaitu di Cibunigeulis Farm. Penelitian
dilakukan pada bulan Januari hingga Juli 2023. Lembaga pemasaran yang
berperan sebagai responden ditentukan dengan metode snowball sampling.
Hasil penelitian menunjukan terdapat dua saluran pemasaran, yaitu saluran satu
tingkat : Peternak ? Pedagang Pengecer ? Konsumen, Saluran dua tingkat :
Peternak ? Pedagang Besar ? Pedagang Pengecer ? Konsumen. Fungsi pemasaran
yang dilakukan oleh pedagang pengecer di saluran satu tingkat yaitu fungsi
pembelian, penjualan, pengangkutan, sortasi, pembiayaan, risiko, serta informasi
pasar. Pedagang besar di saluran dua tingkat melakukan fungsi pembelian,
penjualan, pengangkutan, pembiayaan, serta informasi pasar, untuk pedagang
pengecer melakukan fungsi pembelian, penjualan, pengangkutan, sortasi,
pembiayaan, serta informasi pasar. Biaya pemasaran saluran satu dan dua tingkat
masing- masing sebesar Rp. 442,04 dan Rp. 1.723,37. Keuntungan pemasaran
saluran satu dan dua tingkat masing-masing sebesar Rp. 4.557,96 dan
Rp. 4.276,63. Margin pemasaran pada saluran pemasaran satu tingkat sebesar
Rp. 6.000 dan saluran pemasaran dua tingkat sebesar Rp. 5.000. Distribusi margin
saluran pemasaran satu tingkat untuk biaya dan keuntungan pemasaran yaitu
8,85 persen dan 91,15 persen, saluran pemasaran dua tingkat untuk biaya dan
keutnungan pemasaran yaitu 28,72 Persen dan 71,27 persen. Farmer?s share pada
saluran satu tingkat adalah 80,6 persen dan pada saluran pemasaran dua tingkat
adalah 83,3 Persen. Saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran
pemasaran satu tingkat yakni sebesar 1,47 persen.
Kata kunci : saluran pemasaran, efisiensi pemasaran, telur ayam ras