Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran pada PT Bank
Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Kantor Cabang Pangandaran,
mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapai, dan mengetahui solusi apa
yang dilakukan dalam menghadapi kendala-kendala pelaksanaan strategi
pemasarannya. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode pendekatan
kualitatif, yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, display data dan
penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian ini bahwa bank bjb kantor cabang
Pangandaran menggunakan strategi pemasaran yaitu marketix mix dan STP
(Segmenting, Targeting, Positioning). Strategi pemasaran berdasarkan 7P
(Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence). Solusi
dalam mengatasi hambatan yaitu dengan lebih meningkatkan lagi strategi
pemasaran yang dilakukan untuk calon nasabah yaitu dengan melakukan
pendekatan secara personal antara sales dengan calon nasabah untuk masyarakat
yang masih awam terhadap produk perbankan dan juga memperluas jaringan
kantor untuk daerah terpencil agar memudahkan masyarakat yang mempunyai
bisnis di daerah terpencil untuk membuka tabungan tandamata bisnis dan produk
ini akan lebih banyak diminati untuk kedepannya.
Kata Kunci: Strategi, Bauran Pemasaran, Tabungan Tandamata Bisnis