Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk memberi informasi proses pelaksanaan
Restrukturisasi Kredit yang terjadi di Bank Negara Indonesia Kantor Cabang
Pembantu Ciamis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan
kualitatif dimana pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka dan studi
lapangan yang terdiri dari observasi langsung, dokumentasi, participant
observation, dan wawancara mendalam di PT. Bank Negara Indonesia
(PERSERO) TBK. Kantor Cabang Pembantu Ciamis. Data diperoleh berupa
gambaran umum PT. Bank Negara Indonesia (PERSERO) TBK. Kantor Cabang
Pembantu Ciamis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan kredit
usaha rakyat di Bank Negara Indonesia Kantor Cabang Pembantu Ciamis telah
sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Walaupun demikian, kredit yang telah
diberikan tidak selamanya berkualitas lancar karena banyak kredit yang diberikan
menjadi bermasalah yang disebabkan berbagai alasan. Pelaksanaan restrukturisasi
kredit yang dilakukan PT. Bank Negara Indonesia (PERSERO) TBK. Kantor
Cabang Pembantu Ciamis terhadap debitur meliputi tahap-tahap yaitu prakarsa
restrukturisasi kredit, negosiasi, analisis dan evaluasi, putusan restrukturisasi,
dokumentasi restrukturisasi, dan monitoring. Dengan adanya restrukturisasi kredit
dapat meminimalisir jumlah kerugian PT. Bank Negara Indonesia (PERSERO)
TBK. Kantor Cabang Pembantu Ciamis. Terdapat hambatan yang dihadapi oleh
penulis seperti kesulitan dalam mendapatkan waktu luang untuk melakukan
wawancara mendalam dikarenakan kesibukan narasumber, dan keterbatasan
informasi yang berisi rahasia data perusahaan.
Kata kunci : Prosedur, Restrukturisasi, Kredit Usaha Rakyat, Kualitas kredit,
Bank