DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
Karimah, Namira
Subject
PK Indo-Iranian 
Datestamp
2023-07-18 06:09:10 
Abstract :
Menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan serta memproduksi teks eksplanasi merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas XI pada pelajaran bahasa indonesia berdasarkan kurikulum 2013. Kenyataan di sekolah menunjukkan bahwa masih banyak peserta didik yang belum memenuhi KKB. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Numbered Head Together dalam meningkatkan kemampuan Menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan serta memproduksi teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI SMA IT Riyadlussholihin Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik penelitian yang penulis gunakan adalah teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes dengan sumber data peserta didik kelas XI SMA IT Riyadlussholihin Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa pada siklus kesatu dalam pembelajaran menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi sebanyak 16 orang (59%) yang belum mencapai KKB dan 11 orang (41%) sudah mencapai KKB. Pada siklus kedua dalam pembelajaran menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi semua peserta didik 27 orang (100%) telah mencapai KKB. Pada siklus kesatu dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi sebanyak 10 orang (38%) yang belum mencapai KKB dan 17 orang (62%) sudah mencapai KKB. Pada siklus kedua dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi semua peserta didik 27 orang (100%) telah mencapai KKB. Berdasarkan uji wilcoxon diketahui bahwa W(hitung) (0) < W(tabel) 81,796 dalam taraf signifikasi 0,05. Artinya, terdapat peningkatan nilai rata-rata yang signifikasi siklus kesatu dan siklus kedua. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan kemampuan Menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan serta memproduksi teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI SMA IT Riyadlussholihin Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022. Artinya, Hipotesis penulis diterima dan terbukti kebenarannya. 
Institution Info

Universitas Siliwangi