Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi matematis siswa
ditinjau dari tipe kepribadian Keirsey. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode eksploratif kualitatif. Subjek yang diambil adalah 4 orang siswa yang
terdapat pada salah satu kelas VIII di SMP Negeri 14 Tasikmalaya dengan pengambilan
subjek dilihat dari siswa yang memenuhi semua indikator kemampuan literasi matematis.
Teknik pengumpulan data berupa soal tes, angket tipe kepribadian dan wawancara tidak
terstruktur. Teknik analaisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah subjek dengan tipe kepribadian
guardian (S-18G) dapat menyelesaikan soal kemampuan literasi matematis dengan
prosedur yang teratur. Subjek dengan tipe kepribadian artisan (S-1A) dapat
menyelesaikan soal kemampuan literasi matematis, namun karena subjek selalu tergesa?gesa dalam mengerjakan segala sesuatu maka subjek memperoleh kesimpulan yang
keliru pada indikator penalaran dan pemberian alasan. Subjek dengan tipe kepribadian
rational (S-22R) dapat menyelesaikan soal kemampuan literasi matematis dengan benar,
namun subjek cenderung mengabaikan hal-hal yang dirasa tidak perlu, sehingga subjek
menuliskan keterangan pemisalannya kurang lengkap. Subjek dengan tipe kepribadian
idealis (S-16I) dapat menyelesaikan soal kemampuan literasi matematis dengan benar
namun subjek memisalkan permasalahan ke dalam bentuk matematika nya kurang tepat,
dikarenakan subjek terpaku pada contoh dan tidak terbiasa mengerjakan soal non rutin.
Kata kunci : kemampuan literasi matematis, tipe kepribadian Keirsey, guardian,
artisan,rational, idealis