DETAIL DOCUMENT
PENGARUH LITERASI EKONOMI, KONTROL DIRI DAN “FOMO” TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA GENERASI MILENIAL (Survei pada Generasi Milenial di Kampung Sawati Desa Cipondok Kabupaten Tasikmalaya)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
NURJANAH, SITI
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2023-07-18 07:17:56 
Abstract :
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kurangnya kesadaran masyarakat khususnya generasi milenial terhadap pembelian impulsif yang sering dianggap sepele. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi ekonomi, kontrol diri dan FOMO terhadap pembelian impulsif secara langsung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis survei dengan desain survei eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat milenial yang bertempat tinggal di Kampung Sawati dengan rentang usia 21-40 tahun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 125 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner serta teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Adapun hasil penelitian ini yaitu pada uji hipotesis menunjukkan kesimpulan sebagai berikut : 1) Literasi ekonomi tidak berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif 2) Kontrol diri berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif 3) FOMO berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif 4) Literasi ekonomi, kontrol diri dan FOMO berpengaruh signifikan secara simultan (bersama-sama) terhadap pembelian impulsif. Kemudian hasil pada koefisien determinasi yaitu sebesar 0,547 artinya pembelian impulsif dipengaruhi oleh literasi ekonomi, kontrol diri dan FOMO dengan nilai pengaruh 54,7%. Kata Kunci : FOMO, Kontrol Diri, Literasi Ekonomi, Pembelian Impulsif 
Institution Info

Universitas Siliwangi