Institusion
Universitas Siliwangi
Author
Priyanto, Muhammad Alifiananda
Subject
H Social Sciences (General)
Datestamp
2023-07-20 02:14:42
Abstract :
Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMAN 4
Tasikmalaya yaitu critical thinking peserta didik, hal tersebut dilihat dari
pengamatan selama PPL (Praktik Pengalaman Lapangan). Inovasi metode
pembelajaran yang digunakan adalah metode couple discuss learning, dimana
metode ini merupakan sebuah metode diskusi berpasangan 2-3 kelompok anggota
yang beranggotakan laki-laki dan perempuan. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode eksperimen semu dengan desain penelitian non equivalent control
group design. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest dan
posttest berbentuk essai. Populasi dalam penelitian ini adalah XI IPS di SMAN 4
Tasikmalaya dengan sampel dua kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPS 3
sebagai kelas eksperimen dengan teknik pengambilan sampel nonprobabilty
sampling yaitu purposive sampling. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui
pengaruh dari penerapan model problem based learning dengan metode couple
discuss learning terhadap critical thinking dengan mata pelajaran ekonomi, materi
perdagangan internasional. Berdasarkan hasil dari penelitian menjelaskan
bahwasannya terdapat peningkatan dari penerapan model problem based learning
dengan metode couple discuss learning terhadap critical thinking peserta didik,
yang dapat dilihat dari hasil hipotesis yang menyatakan Ha diterima jika nilai sig
(2-tailed) <5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwasannya model problem
based learning dengan metode couple discuss learning mampu meningkatkan
critical thinking peserta didik.
Kata Kunci: Couple Discuss Learning, Problem Based Learning, Critical Thinking