Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMAN 2 Ciamis
yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah
metode eksperimen dengan jenis eksperimen semu, dengan desain menggunakan
non equivalent control group design, serta teknik pengumpulan data melalui tes
berbentuk esai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS di
SMAN 2 Ciamis pada tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 143 siswa. Sampel
yang digunakan yaitu kelas XI IPS 3 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas
eksperimen dan kelas XI IPS 4 yang berjumlah 36 sebagai kelas kontrol dengan
pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan media
mind mapping dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata
pelajaran ekonomi konsep perdagangan internasional. Berdasarkan hasil
penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning
berbantuan media mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada
mata pelajaran ekonomi konsep perdagangan internasional, dimana Ha diterima
jika nilai sig.(2-tailed) < 5% atau 0.05 dan berdasarkan hasil penelitian diperoleh
nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Rata-rata skor kelas eksperimen lebih
tinggi daripada kelas kontrol, dengan demikian dapat disimpulkan dalam
penelitian ini bahwa model discovery learning berbantuan media mind mapping
dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata Kunci: Berpikir Kritis, Discovery Learning, Mind Mapping