DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEEFEKTIFAN PROSES PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE BERBASIS QUIPPER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMAN 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
MUNAWAROH, SITI
Subject
QH301 Biology 
Datestamp
2023-07-20 02:14:47 
Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan proses pembelajaran menggunakan media online berbasis Quipper terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA dan dipilih sampel sebanyak satu kelas menggunakan purposive sampling dan yang diambil dalam penelitian yaitu kelas X MIPA 2 yang berjumlah 35 peserta. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi soal pretest dan posttest yang terdiri dari 41 soal dan wawancara yang meliputi 4 aspek, diantaranya: aspek kemudahan dalam mengakses, komunikasi dan interaksi, kepuasan siswa, dan kegunaannya. Data dianalisis menggunakan analisis statistik uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat analisis, serta uji Anova sebagai uji hipotesis. Hasil penelitian media Online berbasis Quipper School efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem dengan besaran keefektifannya yaitu sebesar 2,54 termasuk ke dalam kategori tinggi. Kata kunci: Keefektifan proses pembelajaran, Quipper School, hasil belajar 
Institution Info

Universitas Siliwangi