Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk
mengetahui keefektifan proses pembelajaran menggunakan media online berbasis
Quipper terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi. Populasi
pada penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA dan dipilih sampel sebanyak satu
kelas menggunakan purposive sampling dan yang diambil dalam penelitian yaitu
kelas X MIPA 2 yang berjumlah 35 peserta. Instrumen penelitian yang digunakan
meliputi soal pretest dan posttest yang terdiri dari 41 soal dan wawancara yang
meliputi 4 aspek, diantaranya: aspek kemudahan dalam mengakses, komunikasi dan
interaksi, kepuasan siswa, dan kegunaannya. Data dianalisis menggunakan analisis
statistik uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat analisis, serta uji
Anova sebagai uji hipotesis. Hasil penelitian media Online berbasis Quipper School
efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem dengan besaran
keefektifannya yaitu sebesar 2,54 termasuk ke dalam kategori tinggi.
Kata kunci: Keefektifan proses pembelajaran, Quipper School, hasil belajar