Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya kredit
bermasalah, strategi penyelamatan kredit bermasalah, dan hambatan serta solusi
dalam penyelamatan kredit bermasalah pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa
Barat dan Banten (Persero), Tbk. Kantor Cabang Pembantu Manonjaya. Metode
penulisan yang digunakan adalah metode kualitatif sedangkan teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan observasi partisipasi. Faktor
penyebab terjadinya kredit bermasalah dikarenakan dari sisi debitur itu sendiri.
Selain dari sisi faktor debitur itu sendiri, kredit bermasalah juga dapat terjadi dari
sisi faktor eksternal dan juga dari sisi faktor bank. Strategi penyelamatan kredit
bermasalah dilakukan dengan cara konsep 3R (Rescheduling, Restructuring,
Reconditioning) sedangkan hambatan yang dijumpai yaitu ketika menagih utang
debitur, debiturnya tidak ada di tempat tinggalnya dan usaha debitur sudah tidak
beroprasi lagi, solusinya yaitu menagih utang debitur ke tempat tinggalnya secara
rutin dan menginformasikan utang debitur untuk segera dilunasi melalui nomor
telepon debitur.
Kata Kunci: Strategi, kredit bermasalah, penyelamatan kredit bermasalah