Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, respon peserta
didik serta efektivitas media pembelajaran berbantuan ISpring suite 10 pada materi
SPLDV untuk mengeksplor kemampuan abstraksi matematis. Metode penelitian
menggunakan Research & Development (R&D) dengan model ADDIE. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, penyebaran kuisioner serta soal tes
kemampuan abstraksi matematis. Instrumen yang digunakan yaitu lembar kisi-kisi
wawancara, kuisioner untuk penilaian kelayakan dan respon peserta didik serta soal tes
kemampuan untuk penilaian efektivitas. Sumber data dari penelitian ini adalah dua ahli
media dan dua ahli materi untuk menilai dari segi kualitas teknis, serta kualitas isi dan
tujuan serta peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Tasikmalaya untuk mengetahui
respon peserta didik serta efektivitas media pembelaran. Hasil penelitian ini berupa
aplikasi media pembelajaran yang dapat digunakan pada smartphone android dengan
nama OWL. Kelayakan media pembelajaran ini dinilai berdasarkan pada penilaian
kualitas isi dan tujuan oleh ahli materi serta kualitas teknis oleh ahli media. Media
pembelajaran ini dinyatakan sangat layak oleh ahli media dan ahli materi serta peserta
didik memberikan respon yang sangat baik terhadap penggunaan media pembelajaran
ini.
Kata kunci: Pengembangan media pembelajaran, ISpring suite 10, Research
Development, ADDIE, SPLDV