Abstract :
Sama halnya dengan lembaga keuangan yang lain, asuransi syari?ah sama-sama mengalami
naik turunnya jumlah nasabah apalagi pasca pandemi. untuk mendukung perkembangan
perusahaan asuransi agar terus mengalami peningkatan, diperlukan adanya strategi pemasaran
yang tepat. Dengan banyaknya perusahaan asuransi di Indonesia, maka banyak pula banyak
persaingan terutama perusahaan asuransi konvensional.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif untuk meneliti strategi
pemasaran syari?ah di PT Asuransi Jiwa Syrai?ah Bumiputera. Peneliti akan mencari dan
mengumpulkan data di lapangan dan pustaka untuk mengetahui tentang analisis strategi pemasaran
syariah dalam meningkatkan penjualan produk pada PT. Asuransi Jiwa Syari?ah Bumiputera KC
Tasikmalaya.
Hasil penilitian ini menyebutkan bahwa strategi bauran pemasaran yang paling berkontribusi
di PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera adalah people dan promotion. Yang mana promotion ini
sangat berpengaruh dalam upaya peningkatan jumlah nasabah. Dan promotion tidak akan berjalan
tanpa adanya people yang memadai dari segi kualitas maupun kuantitas. Masyarakat akan tertarik
menjadi nasabah Asuransi Jiwa Syari?ah Bumiputera karena adanya promosi yang dilakukan oleh
agen asuransi dengan cara sosialisasi langsung dan penyebaran brosur untuk mengetahui produk
asuransinya secara detail. Karena hal utama yang harus dibentuk adalah rasa kepercayaan
masyarakat terhadap agen tersebut sehingga masyarakat bisa memutuskan untuk menjadi nasabah.
Kata Kunci : marketing mix, PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera, Strategi Pemasaran