Abstract :
Latar belakang penelitian ini adalah pengetahuan siswa dalam berpikir kritis
belum terlihat karena masih ada yang berpatokan jawaban pada buku. Sekitar 40%
siswa yang mendapat nilai dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan yaitu (1) untuk
mengetahui tahapan penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Berbantukan
Media canva untuk meningkatkan kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata
Pelajaran Geografi Materi Perubahan Iklim Global di kelas X IPS SMA Negeri 1
Cisayong (2) untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Project Based Learning
(PjBL) Berbantukan Media canva dalam meningkatkan Kemampuan Berpikir
Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Perubahan Iklim Global di kelas
X IPS SMA Negeri 1 Cisayong. Metode Penelitian yang digunakan adalah Quasi
Eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control grup design. Sampel
dalam penelitian ini sebanyak 65 orang dengan teknik pengambilan secara
Purposive Sampling. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan bahwa tahapan model
project Based Learning berbantukan media canva terhadap kemampuan berpikir
kritis siswa yaitu: Pertanyaan mendasar, perencanaan proyek, menyusun jadwal,
memonitoring siswa, penilaian, dan evaluasi. Model Project Based Learning
berbantukan Media canva berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Hal tersebut dapat dilihat dari hasil Uji wilcoxon 0,001<0,05 maka Ho ditolak dan
Ha diterima. Model Project Based Learning berbantukan Media canva berpengaruh
terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas X IPS SMA Negeri 1 Cisayong
pada mata pelajaran geografi materi perubahan iklim global, semakin baik dalam
menggunakan model dan media tersebut, maka semakin tinggi kemampuan berpikir
kritis siswa.
Kata Kunci: Model Project Based Learning,Media, Canva, Berpikir Kritis