DETAIL DOCUMENT
STRATEGI PENANGANAN KREDIT BERMASALAH PADA KREDIT USAHA RAKYAT MAJALENGKA (KURMA) PASCA PANDEMI DI PERUSAHAAN UMUM DAERAH (PERUMDA) BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) MAJALENGKA KANTOR CABANG BANTARUJEG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
ALDI, TRI
Subject
HG Finance 
Datestamp
2023-07-24 02:03:00 
Abstract :
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui strategi penanganan kredit bermasalah pada kredit usaha rakyat Majalengka (KURMA) pasca pandemi di Perumda BPR Majalengka kantor cabang Bantarujeg. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder dengan teknik pengambilan data wawancara secara mendalam (in depth interview), metode observasi partisipasi (Participant Observation), dan Studi pustaka. Kredit merupakan penyediaan uang atau tagihan yang diberikan kepada semua golongan nasabah, baik untuk kebutuhan konsumtif maupun kebutuhan produktif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ketika terjadi kredit bermasalah pada kredit usaha rakyat Majalengka (KURMA) pasca pandemi maka Perumda BPR Majalengka kantor cabang Bantarujeg melakukan penanganan pada kredit bermasalah dengan penanganan kredit yaitu penagihan secara lisan (via telepon dan langsung), surat peringatan, surat panggilan, surat pernyataan, dan ligitasi/hokum (lelang). Kata Kunci: Strategi, Penanganan, Kredit, Bermasalah, Pandemi, Perumda BPR 
Institution Info

Universitas Siliwangi