Abstract :
NOVIA WULANDARI. 2023. Kecerdasan Visual Spasial Peserta Didik
Berdasarkan Teori Geometri Van Hiele Ditinjau dari Gaya Belajar. Program
Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Siliwangi.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan visual spasial peserta
didik berdasarkan teori geometri Van Hiele ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan
data berupa angket gaya belajar, Van Hiele Geometry Tes (VHGT), soal tes
kecerdasan visual spasial dan wawancara. Subjek pada penelitian ini adalah peserta
didik kelas IX-F SMP Negeri 12 Tasikmalaya. Penentuan subjek berdasarkan hasil
pengelompokkan angket gaya belajar pada kategori visual, auditori dan kinestetik,
dengan hasil Van Hiele Geometry Tes (VHGT) antara level 0 (visualisasi) sampai
level 4 (rigor). Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Subjek
gaya belajar visual dengan capaian geometri Van Hiele level 2 (deduksi informal)
mampu memenuhi seluruh karakteristik kecerdasan visual spasial, yaitu
pengimajinasian (imaging), pengonsepan (conceptualizing), pemecahan masalah
(problem solving) dan pencarian pola (pattern seeking), sedangkan subjek gaya
belajar visual dengan capaian geometri Van Hiele level 0 (visualisasi) hanya
mampu memenuhi 2 karakteristik kecerdasan visual spasial, yaitu pengimajinasian
(imaging), dan pencarian pola (pattern seeking). (2) Subjek gaya belajar auditori
dengan capaian geometri Van Hiele level 1 (analisis) mampu memenuhi 3
karakteristik kecerdasan visual spasial, yaitu pengimajinasian (imaging),
pengonsepan (conceptualizing) pencarian pola (pattern seeking) sedangkan subjek
gaya belajar auditori dengan capaian geometri Van Hiele level 0 (visualisasi) hanya
mampu memenuhi 1 karakteristik kecerdasan visual spasial, yaitu karakteristik
pengimajinasian (imaging). (3) Subjek yang memiliki gaya belajar kinestetik
dengan capaian geometri Van Hiele level 0 (visualisasi) hanya mampu memenuhi
1 karakteristik kecerdasan visual spasial, yaitu karakteristik pengimajinasian
(imaging).
Kata Kunci: Kecerdasan Visual Spasial, Geometri Van Hiele, Gaya Belajar