Abstract :
Pembangunan Prasarana transportasi khususnya di bidang perkeretaapian oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian tidak hanya berfokus di Pulau Jawa saja. Ditjen Perkeretaapian sedang melaksanakan pembangunan Jalan Layang KA (Elevated Track) relasi Stasiun Besar Medan - Stasiun Bandar Khalipah sepanjang 8 km. Pondasi Bored Pile merupakan pilihan terbaik mengingat mobilisasi peralatan pengeboran dan material bored pile ke lokasi rencana jembatan tidak sulit dilakukan sehingga biaya untuk pekerjaan pondasi lebih efisien.
Pada Proyek Pembangunan Jalan Layang KA (Elevated Track) Medan-Bandar Khalipah km 2 + 600 pier No. 102 akan mencari nilai daya dukung aksial perencanaan pondasi bored pile berdasarkan data SPT menggunakan metode Reese and Wright, Metode Elemen Hingga dan program Allpile. Daya dukung lateral menggunakan metode Broms, serta menghitung penurunan elastik bored pile yang terjadi. Metode pengumpulan data adalah dengan melakukan observasi lapangan serta pengambilan data dari Balai Teknik Perkeretaapian Sumatera Bagian Utara.
Perhitungan daya dukung aksial tiang pancang dengan program Allpile pada titik Bore Hole 2 adalah 1576,056 Ton pada kedalaman 29,800 m. Nilai ini tidak berbeda jauh dari hasil perhitungan menggunakan data SPT dengan metode Reese & Wright yaitu sebesar 1575,005 Ton pada kedalaman 30,450 m. Dari hasil PDA test juga di dapat daya dukung ultimit pada kedalaman 30,100 m adalah 810,0 ton tidak jauh berbeda dengan Metode Elemen Hingga sebesar 845,267 ton pada kedalaman 29,800 m . Daya dukung lateral berdasarkan Metode Broms pada Bore Hole 2 secara analitis sebesar 154,424 Ton dan secara grafis sebesar 127,714 Ton. Penurunan elastis tunggal yang dihasilkan sebesar 24,186 mm. Penurunan dengan Metode elemen hingga adalah sebesar 3,610 mm.
Terdapat sedikit perbedaan daya dukung dan penurunan dengan beberapa metode yang digunakan. Hal ini dapat disebabkan oleh perbedaan jenis tanah, kedalaman yang ditinjau, cara pelaksanaan pengujian, faktor keamanan dan perbedaan parameter yang digunakan dalam perhitungan.