DETAIL DOCUMENT
Penataan Fasilitas Ritel Swalayan Melalui Penyederhanaan Proses Pelayanan dengan Metode Lean Service dan Market Basket Analysis di PT. XYZ
Total View This Week0
Institusion
Universitas Sumatera Utara
Author
Rahman, Intan Hartanti
Subject
Lean Service 
Datestamp
2018-12-20 03:27:07 
Abstract :
PT. XYZ merupakan sebuah perusahaan ritel di bidang jasa yang menjual berbagai macam keperluan sehari-hari seperti makanan, minuman, buah-buahan, kosmetik, detergen, pecah belah dan lain sebagainya. Permasalahan yang terjadi di perusahaan ini adalah konsumen masih mencari barang-barang yang akan dibeli, pemberitahuan barang yang masih salah oleh pramuniaga, terjadi miss communication, barang-barang belum tersusun dengan rapi, label harga yang sering hilang, dan barang yang kurang lengkap. Hal ini mengakibatkan waktu proses pelayanan menjadi lebih lama. Metode yang digunakan dalam mengatasi permasalahan ini adalah menggunakan metode Lean Service dan Market Basket Analysis. Hasil penerapan metode Lean Service yaitu mengeliminasi waste yang teradi di perusahaan tersebut dengan menggunakan konsep 5W+1H. Setelah dilakukan identifikasi waste maka dilakukan perbaikan tata letak perusahaan dengan menggunakan metode Market Basket Analysis. Pada metode Market Basket Analysis ditentukan jumlah sampel, menghitung nilai support factor, confident, dan improvement ratio. Hasil penerapan metode Market Basket Analysis terdapat 14 produk yang memiliki pengaruh antara produk yang satu dengan yang lain. Dari hasil tersebut didapatkan 3 alternatif layout. Alternatif layout terbaik dipilih oleh pihak perusahaan. 

Institution Info

Universitas Sumatera Utara