DETAIL DOCUMENT
Analisis Strategi Keunggulan Bersaing pada Rumah Makan Reza Medan
Total View This Week0
Institusion
Universitas Sumatera Utara
Author
Lubis, Tya Wildana Hapsari
Subject
Manajemen Strategi 
Datestamp
2018-12-27 01:25:56 
Abstract :
Strategi bisnis dalam suatu usaha sangatlah penting demi menunjang keberhasilan usaha tersebut. Persaingan usaha yang semakin hari semakin ketat pada dunia usaha mengharuskan setiap usaha memiliki strategi dalam menjalankan aktivitas bisnis, demi terciptanya suatu usaha yang memiliki keunggulan bersaing diantara para kompetitor yang ada. Salah satu contoh usaha yang harus memiliki strategi keunggulan bersaing adalah Rumah Makan REZA Medan. Rumah Makan REZA harus memiliki strategi keunggulan bersaing agar mampu mempertahankan usahanya diantara para kompetitor dengan usaha sejenis yang berada di sekitar Rumah Makan REZA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui dan menetapkan strategi keunggulan bersaing yang paling tepat digunakan Rumah Makan REZA Medan serta dapat dijadikan sebagai masukan dan informasi serta pengetahuan untuk menetapkan strategi yang paling tepat digunakan Rumah Makan REZA Medan dalam mencapai keunggulan bersaing. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan sifat penelitian ini adalah eksploratori. Informan pada penelitian ini adalah pemilik Rumah Makan REZA, pekerja Rumah Makan REZA, pelanggan Rumah Makan REZA, pelanggan pesaing Rumah Makan REZA. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, studi dokumentasi, dan wawancara mendalam. Metode analisis data dilakukan dengan analisis matrik IFE dan EFE, matrik SPACE, dan matrik SWOT. Penelitian ini menghasilkan 1) 8 point faktor internal yang terdiri dari 5 faktor kekuatan (strength) dan 3 faktor kelemahan (weakness). 2) 6 point faktor eksternal yang terdiri dari 3 faktor peluang (opportunities) dan 3 point faktor ancaman (threats). Penelitian ini menghasilkan strategi tumbuh dan membangun (growth and build) hal ini ditunjukkan dari hasil matrik internal-eksternal Rumah Makan REZA berada pada divisi sel I, sedangkan matriks SPACE menghasilkan posisi persaingan usaha yang berada pada kuadran ke II yaitu strategi agresif yaitu strategi tumbuh dan membangun sejalan dengan hasil matrik internal-eksternal, selanjutnya pada matrik SWOT hasil penelitian ini ialah memanfaatkan strategi S-O (strength-opportunities)yaitu strategi yang mamanfaatkan faktor kekuatan (strength) dan faktor peluang (opportunities) untuk mengatasi kelemahan (weakness) dan ancaman (threats). 

Institution Info

Universitas Sumatera Utara