DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Kepercayaan (Trust) dan terhadap Loyalitas Pelanggan Online Shop Kepuasan (pada Toko Jequeleen di Kota Medan)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Sumatera Utara
Author
Siregar, August Halomoan
Subject
Kepercayaan 
Datestamp
2018-12-27 01:37:03 
Abstract :
Revolusi industri 4.0 melahirkan berbagai usaha diantaranya online shop yang menawarkan kemudahan berbelanja secara online yang berdampak terhadap pola pembelian dan penjualan barang sehingga menjadikan online shop sebagai model baru dalam dunia shopping dan menjadi primadona gaya hidup berbelanja masyarakat modern. Transaksi e-commerce di Indonesia selalu mengalami pertumbuhan yakni sebesar 44% (tahun 2014), 35% (tahun 2015), 66% (tahun 2016), 22% (tahun 2017) dan diproyeksikan masih akan terus bertumbuh pada kisaran 15%-21% (tahun 2018-2022) dan merupakan peluang usaha online di Indonesia termasuk untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Salah satu usaha kecil di Kota Medan yang memasarkan produk secara online adalah ?Toko Jequeleen? yang menawarkan berbagai produk fashion seperti jam, tas, baju, tali pinggang, sepatu, celana dan berbagai produk lainnya untuk berbagai kalangan usia remaja hingga dewasa terutama wanita. Fenomena penjualan online Toko Jequeleen selama 4 tahun terakhir belum menunjukkan pertumbuhan seperti yang diharapkan dimana terjadi penurunan yaitu minus 1% - 2% pada Tahun 2015 dan 2016 dan sedikit kenaikan sebesar 1% pada Tahun 2017. Capaian penjualan online selama periode tahun 2014 - 2017 belum sesuai harapan karena omzet usaha berkisar 85%-96% dari target dan terjadi deviasi sebesar 4%-16%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepercayaaan (trust) dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan online shop pada Toko Jequeleen di kota Medan. Populasi penelitian adalah seluruh pelanggan online Toko Jequeleen sebanyak 75 orang dan sekaligus merupakan sampel penelitian (sampel jenuh). Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Metode analisis statistik inferensial menggunakan analisa regressi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial angka signifikansi untuk variabel Kepercayaan/Trust (X1) adalah 0,675 > ? (0,05) maka dapat dikatakan tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel Trust (X1) terhadap variabel Loyalitas. Sedangkan angka signifikansi variabel Kepuasan sebesar 0,000 < ? (0,05) maka dapat dikatakan terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel Kepuasan (X2) terhadap variabel Loyalitas. Dengan demikian secara parsial hanya variabel Kepuasan (X2) yang memiliki pengaruh signifikan terhadap Loyalitas (Y). Hasil uji secara simultan menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < ? (0,05) yang berarti variabel Trust (X1) dan Kepuasan (X2) secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Loyalitas (Y). 

Institution Info

Universitas Sumatera Utara