DETAIL DOCUMENT
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening pada Produk Buah Pepaya Calina IPB 9 di Medan
Total View This Week0
Institusion
Universitas Sumatera Utara
Author
Wahyuni, Eka
Subject
Produk 
Datestamp
2018-12-27 01:54:33 
Abstract :
Dalam era persaingan global, loyalitas konsumen adalah kunci sukses bagi setiap perusahaan. Sulit bagi perusahaan untuk bertahan dalam persaingan tanpa memiliki konsumen yang loyal. Dalam membentuk loyalitas konsumen, umumnya diperlukan rasa puas dalam diri konsumen saat melakukan transaksi dengan perusahaan. Perusahaan tentunya harus mempunyai strategi dari bauran pemasaran dan kualitas pelayanan yang tepat dalam upaya menciptakan kepuasan yang berdampak kepada loyalitas konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen melalui kepuasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 70 orang karyawan yang bertanggung jawab atas pengadaan dan kualitas buah Pepaya Calina IPB 9 di Hotel, Restoran dan Supermarket dimana buah Pepaya Calina IPB 9 dipasarkan dan metode sampling yang digunakan adalah sampel jenuh dimana seluruh anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Analisis dibantu dengan program SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Produk secara parsial berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen. Harga dan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Promosi dan distribusi secara parsial berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen. Produk, promosi, lokasi, distribusi dan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen. Harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Variabel kepuasan konsumen sebagai variabel intervening berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen. 

Institution Info

Universitas Sumatera Utara