Abstract :
Masalah pengangkatan terutama untuk beban-beban berat merupakan masalah yang
telah ada sejak lahirnya manusia.Seiring dengan berkembangnya zaman maka diciptakan
jenis peralatan yang membantu dalam memindakan barang misalnya crane.namun bagaimana
pun juga kebutuhan manusia tidak akan ada habisnya sehingga semakin lama beban yang
dipikul oleh crane pun semakin beratPada pembuatan crane indoor khususnya hoist crane
sering dihiraukan design runway beam dan lebih terfokus pada design bridge beam sehingga
mengakibatkan banyak terjadinya kegagalan pada runway beam yang disebabkan terjadinya
lateral torsional buckling pada runway beamTugas akhir ini bertujuan untuk membahas
mengenai analisis buckling yang terjadi pada runway beam dengan profil yang berbeda
kemudian hasil yang didapat akan dievaluasi dan diambil design profil yang paling
ekonomis.Hasil analisis menunjukkan bahwa pada bentang runway beam 29 m profil I
dengan sistem truss merupakan profil yang paling ekonomis untuk digunakan serta tahan
terhadap lateral torsional buckling