DETAIL DOCUMENT
Hubungan Waktu Tunggu Dan Empati Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Belakang Soya Kota Ambon
Total View This Week0
Institusion
Universitas Kristen Indonesia Maluku
Author
Hattu, Febby Adelvrid
Subject
RT Nursing 
Datestamp
2022-10-26 01:57:31 
Abstract :
ABSTRAK Febby Adelvrid Hattu, 2022. ?Hubungan waktu tunggu dan empati perawat dengan kepuasan pasien di Puskesmas Belakang Soya Kota Ambon? (dibimbing oleh: N. Parinussa dan F. Manuhutu) Puskesmas sebagai pemberi jasa pelayanan kesehatan berperan penting dalam penanganan terhadap pasien sebagai upaya memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas sekaligus memberikan kepuasan kepada pasien. Kepuasan pasien merupakan perasaan yang timbul karena kebutuhan, keinginan dan harapan pasien sudah terpenuhi. Standar pelayanan minimal untuk kepuasan pasien yaitu > 95%. Beberapa penelitian menunjukan tingkat kepuasan pasien di puskesmas masih tergolong rendah. Faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien yaitu waktu tunggu dan empati perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan waktu tunggu dan empati perawat dengan kepuasan pasien di Puskesmas Belakang Soya Kota Ambon. Desain penelitian yang digunakan adalah analisa kuantitatif dengan menggunakan rancangan survei Cross Sectional. Jumlah sampel 56 responden. Hasilnya diuji menggunakan uji Chi-Square test dengan tingkat kemaknaan 0,05. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara (1) waktu tunggu dengan kepuasan pasien, nilai p value = 0,004 < 0,05, (2) empati perawat dengan kepuasan pasien, p value = 0,001 < 0,05. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan di Puskesmas. Kata kunci : Waktu tunggu, Empati Perawat, Kepuasan Pasien 
Institution Info

Universitas Kristen Indonesia Maluku