DETAIL DOCUMENT
Hubungan komunikasi terapeutik dan perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien ruang rawat inap di RSUD Masohi
Total View This Week0
Institusion
Universitas Kristen Indonesia Maluku
Author
Tupamahu, Ganezia Monalisa
Subject
RT Nursing 
Datestamp
2022-11-16 02:59:57 
Abstract :
Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja pelayanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkannya. Standar pelayanan minimal untuk kepuasan pasien yaitu >95%. Beberapa penelitian menunjukan tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit masih tergolong rendah. Faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien yaitu komunikasi terapeutik dan perilaku caring perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik dan perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien ruang rawat inap di RSUD Masohi. Desain penelitian ini yang digunakan adalah analisa kuantitatif dengan menggunakan rancangan survey cross sectional. Jumlah sampel 72 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling, instrument penelitian berupa kuesioner. Hasil analisis data menggunakan uji alternatif Fisher?s Exact test dengan tingkat kemaknaan ?=0,05. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara (1) komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien, nilai p value = 0,037 <0,05, hubungan antara (2) perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien, p value = 0,001 <0,05. Dari penelitian ini disarankan dapat menjadi bahan informasi dan bermanfaat dalam mengembangkan komunikasi terapeutik dan perilaku caring perawat pada tempat pelayanan kesehatan untuk meningkatkan pelayanan dan pemenuhan rasa aman serta kepuasan pasien. Kata kunci : Komunikasi Terapeutik, Perilaku Caring Perawat, Kepuasan Pasien 
Institution Info

Universitas Kristen Indonesia Maluku