DETAIL DOCUMENT
Analisis Culture Shock karyawan baru Divisi Call Center pada PT. Enseval Putera Megatrading
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bakrie
Author
Liza, Syafrina
Subject
Human Resource Management 
Datestamp
2017-09-12 13:00:52 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendalami bagaimana karyawan baru menghadapi culture shock saat proses adaptasi dengan budaya baru Enseval Customer Care (ECC) di PT. Enseval Putera Megatrading. Konsep Culture Shock karyawan baru ECC terdiri dari: tahap disintegrasi yang mencakup negatif pada pengalaman lalu; tahap reintegrasi yang mencakup kemampuan untuk berfungsi dalam budaya baru; kemudian tahap penyesuaian yang mencakup penyesuaian diri. Karyawan baru merasa lebih terbantukan untuk beradaptasi pada budaya baru dengan adanya peran dari HRD untuk memberikan orientasi, peran atasan untuk memberikan penjelasan tentang jobdesc dan peran kolega untuk membantu karyawan baru. Analisis penelitian ini berisikan referensi culture shock process dengan pendekatan kualitatif. Data informasi diperoleh berasal dari hasil wawancara terhadap 4 orang informan yang merupakan karyawan baru (ECC). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa karyawan mengalami culture shock dengan proses adaptasi yang lama. 
Institution Info

Universitas Bakrie