DETAIL DOCUMENT
PREDIKSI COST PER ACTION (CPA) PADA IKLAN FACEBOOK PT XYZ MENGGUNAKAN ALGORITMA RANDOM FOREST
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bakrie
Author
Fatimah, Millah
Subject
Computer Science 
Datestamp
2017-09-15 04:28:42 
Abstract :
Penelitian ini membahas tentang implementasi algoritma untuk dapat memprediksi Cost Per Action (CPA) yang ada pada iklan Facebook PT XYZ. Metode yang digunakan dalam penelitian untuk memprediksi CPA adalah dengan menerapkan algoritma Random Forest. Sistem prediksi ini bertujuan membantu praktisi digital marketing di divisi Growth & Digital Marketing PT XYZ agar dapat membantu menganalisa apakah iklan yang ada termasuk ke dalam kelompok CPA tinggi atau CPA rendah, agar pengeluaran budget perusahaan untuk iklan dapat diminimalisir. Sistem akan dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Python. Hasil dari sistem prediksi CPA lalu akan dihitung nilai akurasinya dengan menggunakan Confusion Matrix, perhitungan Recall, Precision, Weighted Accuracy, Specificity, dan ROC Curve serta akan dilihat fitur-fitur apa sajakah yang berpengaruh dalam sistem prediksi dengan menggunakan Feature Importance. Hasil dari peneitian ini adalah diperoleh fitur-fitur yang paling berpengaruh dalam proses prediksi menggunakan algoritma Random Forest menggunakan data training, data testing pada data model I, data model II, dan data model III yakni fitur reach, amount_spent, budget type. Selain itu juga diperoleh tingkat performa prediksi yang rendah pada data model I, yakni rata-rata 58% untuk data training & data testing, serta sangat baik pada data model II dan data model 
Institution Info

Universitas Bakrie