Abstract :
Penelitian ini memaparkan tentang peran event Mari Berdigital sebagai strategi
Marketing Public Relations PT Bdigital Asia Indonesia berupa penyelenggaraan
special events yakni event Mari Berdigital tahun 2016 untuk Usaha Mikro, Kecil dan
Menengah atau UMKM. Special event merupakan salah satu strategi MPR, dimana
kajian tersebut merupakan salah satu kajian dalam Ilmu Komunikasi yang sangat
penting baik untuk meningkatkan penjualan namun tetap memerhatikan citra
perusahaan, maka dari itu Marketing Public Relations merupakan pilihan yang tepat
untuk sebuah perusahaan di masa kini. Penelitian ini membahas tentang peran event
Mari Berdigital tahun 2016 sebagai strategi Marketing Public Relations. Pada special
events yang diselenggarakan oleh PT Bdigital Asia Indonesia peneliti menggunakan
konsep 5W+1H Philip Lesly. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Marketing Public Relations, Special Events. Penelitian ini menggunakan metodologi
kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneliti melakukan pengumpulan data melalui
wawancara mendalam dan observasi partisipan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
bahwa peran event Mari Berdigital tahun 2016 sebagai strategi Marketing Public
Relations ini mampu menciptakan timbal balik yang baik bagi perusahaan dari segi
peminat event yang melebihi target awal, meningkatnya pengunjung halaman website
sesuai dengan sasaran khalayak yaitu UMKM dan bertambahnya calon pelanggan
potensial.