DETAIL DOCUMENT
Strategi Media Relations dalam Kampanye “Tolak Jadi Target” Oleh Smoke Free Agents untuk Mengangkat Isu Anti Rokok Bagi Remaja Indonesia (Studi Kasus Media Relations SFA pada Media Detikcom)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bakrie
Author
Sari, Nita
Subject
Communication Science 
Datestamp
2016-07-22 07:30:56 
Abstract :
Smoke Free Agents adalah komunitas yang memiliki agenda untuk menciptakan Indonesia sehat tanpa asap rokok. Smoke Free Agents berusaha mengangkat isu tersebut ke dalam kampanye ?Tolak Jadi Target? dengan tujuan agar pemerintah menegakkan peraturan untuk melindungi generasi muda dari bahaya rokok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mengetahui proses pengangkatan isu anti rokok bagi remaja dalam kampanye, strategi media relations yang dilakukan SFA, mengetahui bagaimana strategi media relations berdampak pada pemberitaan dan pembuatan kebijakan publik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan penelusuran dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SFA mampu menurunkan isu anti rokok bagi remaja dalam kampanye dan mengoptimalkan strategi media relations secara pendekatan formal maupun komunikasi personal untuk menyebarluaskan isu ke publik. Strategi media relations tersebut mendorong pemberitaan di media detikcom karena memiliki nilai berita dan kelayakan berita. Dari strategi komunikasi dan media relations SFA, salah satu pencapaian yang didapat adalah keluarnya kebijakan mengenai kawasan tanpa rokok di lingkungan sekolah oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kata kunci: isu, media relations, aspek pemberitaan, kebijakan publik 
Institution Info

Universitas Bakrie