DETAIL DOCUMENT
STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT PT. PELABUHAN INDONESIA II DALAM MENGELOLA RELASI PELANGGAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bakrie
Author
Syafrida, Fakhrana Nur'ainina
Subject
Corporate Communication 
Datestamp
2018-08-15 08:27:46 
Abstract :
PT Pelabuhan Indonesia II atau sekarang dikenal dengan International Port Container (IPC) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang kepelabuhanan. Pelanggan bisnis Perusahaan memegang peranan penting untuk kemajuan Perusahaan. Mengingat pentingnya peran pelanggan ini, Perusahaan perlu untuk mengelolanya dengan baik. Hubungan Masyarakat PT Pelabuhan Indonesia II memiliki tugas untuk mengelola relasi pelanggan Melangkah dari peran pelanggan ini, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi relasi pelanggan yang dilaksanakan oleh PT Pelabuhan Indonesia II dalam mengelola hubungan dengan pelanggan dalam menangani keluhan dan menyampaikan informasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulkan data wawancara mendalam kepada pihak IPC. Pertanyaan-pertanyaan penelitian merujuk kepada operasionalisasi konsep relasi pelanggan, yaitu penanganan keluhan dan penyampaian informasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam mengelola keluhan pelanggan dan penyampaian informasi, PT Pelabuhan Indonesia II memiliki beberapa saluran dan aktivitas yaitu i-Service, e-mail, telepon, dan coffee morning. 
Institution Info

Universitas Bakrie