DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KONTEN KREATIF YOUTUBE PIJARU PERIODE MEI – JUNI 2018 BERDASARKAN PERSPEKTIF TEORI KOMODITAS ADORNO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bakrie
Author
Gumelar, Giraldy
Subject
Communication Science 
Datestamp
2018-08-23 06:31:58 
Abstract :
Perkembangan komunikasi dan informasi saat ini membawa dampak yang sangat besar. Perkembangan komunikasi tersebut disebabkan karena perkembangan teknologi saat ini. Dengan perkembangan teknologi yang pesat maka masyarakat memaksimalkan teknologi dengan baik, seperti mengakses informasi. Kehadiran Youtube merupakan wadah untuk menciptakan karya seni dalam bentuk audio dan video. Seperti Pijaru yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di industri kreatif, seperti Youtuber yang membuat konten kreatif pada sosial media seperti Youtube. Adorno sebagai pengemuka teori komoditas, menjelaskan bahwa produk-produk budaya adalah komoditas. Dalam penelitian ini penulis menjadikan Pijaru sebagai objek penelitian. Pijaru memproduksi konten kreatif seperti Interview HRD, Taste This, dan sebagainya. Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui komoditas yang terdapat dalam konten kreatif Pijaru. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif Deskriptif dengan metode pengumpulan data dilakukan melalui Indepth Interview dan hasil penelitian ini menunjukan bahwa konten kreatif yang memiliki fungsi media bersifat Informasi, Edukasi dan Menghibur merupakan tuntutan dari Pijaru untuk audience dan pada akhir mei 2018 konten kreatif Pijaru diberhentikan dan tidak diproduksi kembali. 
Institution Info

Universitas Bakrie