DETAIL DOCUMENT
ANALISIS RETAIL MIX: PERSAINGAN BISNIS CONVENIENCE STORE DAN MINIMARKET DI JABODETABEK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bakrie
Author
Juniarso, Asep Bagus
Subject
Branding (Marketing) 
Datestamp
2018-08-24 07:46:55 
Abstract :
Industri Ritel di Indonesia dihebohkan dengan tutupnya Convenience Store 7-Eleven yang digadang-gadang akan menjadi bisnis besar yang terus akan berkembang. Seiring dengan tutupnya bisnis 7-Eleven, perlahan-lahan bisnis Convenience Store lain pun turut ikut mengalami kemunduran dan sampai saat ini hanya beberapa toko Convenience Store yang masih bertahan. Sementara disisi lain, Minimarket yang dianggap sebagai pesaing bisnis ini masih mampu bertahan, bahkan saat ini terus mengalami perkembangan seiring banyak ditutupnya bisnis Convenience Store. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berdasarkan persepsi konsumen, bagaimana pandangan mereka terhadap unsur-unsur marketing (retail mix) yang diterapkan oleh masing-masing toko. Penelitian ini menggunakan Uji Tabulasi Silang (Crosstabulation), Distribusi Frekuensi, dan Analisis Perbandingan Pasangan (Paired Comparison). Hasil dari penelitian ini, 53 % dari 100 orang responden memberikan penilaian yang lebih tinggi kepada Minimarket, sementara 40 orang memberikan penilaian yang lebih tinggi kepada Convenience Store, dan sisanya memberikan penilaian yang sama antara kedua toko tersebut. 
Institution Info

Universitas Bakrie