DETAIL DOCUMENT
Persepsi Generasi Milenial terhadap Pangan Fungsional di Indonesia
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bakrie
Author
Amaliah, Isma
Subject
Customer Behavior 
Datestamp
2018-08-24 08:47:02 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran persepsi generasi milenial terhadap pangan fungsional di Indonesia. Survei online dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat memberikan gambaran mengenai persepsi generasi milenial terhadap pangan fungsional. Faktor-faktor yang diteliti adalah kesadaran dan pengetahuan terkait pangan fungsional, motivasi perilaku konsumsi pangan fungsional, sikap terhadap pangan fungsional, dan motivasi membeli pangan fungsional di masa yang akan datang. Faktor-faktor tersebut dianalisis menggunakan analisis deskriptif untuk melihat frekuensi dan presentase data yang dihasilkan, aplikasi website online (worditout.com) untuk visualisasi data hasil penelitian kemudian dianalisis juga menggunakan analisis uji Chi-square (p<0.05) untuk melihat adanya keterkaitan antar variabel. Dari hasil uji, sebagian besar responden atau sebesar 55% generasi milenial di Indonesia dari total (n=1982) mengaku telah mengetahui pangan fungsional. Alasan paling penting dalam mengonsumsi pangan fungsional menurut generasi milenial adalah faktor kesehatan dan rasa yang enak. Sikap generasi milenial menunjukkan sikap yang positif terhadap pangan fungsional dan sebagian besar dari mereka tertarik untuk membeli pangan fungsional di masa yang akan datang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa generasi milenial merupakan salah satu target konsumen yang potensial dengan memahami apa yang mereka butuhkan dan bagaimana persepsi mereka terhadap pangan fungsional sehingga dapat menciptakan strategi pemasaran pangan fungsional yang lebih efektif dalam rangka meningkatkan perkembangan pangan fungsional di Indonesia 
Institution Info

Universitas Bakrie