DETAIL DOCUMENT
USULAN PERBAIKAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRASI METODE SERVQUAN DAN IPA KEDALAM QFD PADA SENTRA TIMUR RESIDENCE
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bakrie
Author
Dayanti, Helga Mayang
Subject
Industrial & Manufacturing Engineering 
Datestamp
2018-08-28 02:01:02 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan usulan perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan apartemen Sentra Timur Residence. Penelitianinimelibatkan40responden yang berstatus sebagai penghuni apartemen Sentra Timur Residence. Jenis dari prnrlitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk melakukan perbaikan terhadap keadaan terdahulu. Penelitian menggunakan tiga metode yaitu SERVQUAL, IPA dan QFD. Metode SERVQUAL bertujuan untuk menegtahui mengetahui gap antara persepsi dengan harapan penghuni dimana hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan belum sesuai harapan pelanggan dengan gap terbesar terdapat pada kehandalan fasilitas apartemen. Analisis selanjutnya adalah dengan menggunakan metode Importance Analysis Performance, metode IPA bertujuan mengetahui variabel yang menjadi prioritas untuk dilakukan perbaikan dengan mengamati tingkat importance dan performance suatu variabel dimana hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 7 variabel yaitu kehandalanfasilitasapartemen, dayatanggapterhadapkeluhan, wujuddaripetunjukarah, dayatanggapterhadapkebersihan, wujuddarilift, wujuddari toilet umumsertawujuddari area parkir yang berada pada kuadran concentrate herer dimana kuadran tersebut merupakan kuadran yang menampung variabel dengan tingkat performance rendah namum memiliki tingkat importance tinggi. Analisis yang terakhir adalah dengan menggunakan metode QFD dimana hasil dari analisis tersebut adalah usulan yang menjadi prioritas utama perusahaan, pada analisis QFD, didapat bahwa training, reward and punnishmentkepadakaryawan menjadi prioritas perusahaan dalam meningkatan kualitas pelayanan mereka. 
Institution Info

Universitas Bakrie