Abstract :
Banyaknya masyarakat khususunya di DKI Jakarta menjadikan banyaknya
pilihan moda transportasi umum yang ada. Hal ini merupakan permasalahan yang
harus diperhatikan oleh pemerintah untuk menjadikan bus Transjakarta yang telah
digagas agar menjadi moda transportasi uum dimasa yang akan datang. Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dari faktor pelayanan dan kepuasaan
penumpang serta memberikan strategi usulan pada faktor-faktor yang menjadi
prioritas. Metode yang digunakan adalah Customer Satisfaction Index (CSI) untuk
mengetahui tingkat kepuasan penumpang dan Importance Performance Analysis
(IPA) untuk mengetahui prioritas terhadap faktor-faktor yang dapat
mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna jasa. Pengumpulan data dilakukan
dengan menyebarkan kuesioner kepada para responden untuk mendapatkan
tingkat kinerja serta harapan para penumpang.
Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa masih terdapat
kepentingan atau harapan penumpang yang sudah dapat terpenuhi oleh pihak bus
Transjakarta, hal tersebut dapat dilihat dari nilai CSI yang diperoleh yaitu sebesar
78.2%. Adapun hal-hal yang perlu dilakukan perbaikan yaitu faktor-faktor yang
terdapat pada kuadran I yang memiliki tingkat kepentingan tinggi dan dengan
tingkat kinerja yang masih rendah, sedangkan strategi usulan yang diberikan yaitu
dengan melakukan penambahan jumlah armada serta penambahan titik
pemberhentian dan jadwal keberangkatan yang ditambah.