DETAIL DOCUMENT
ANALISIS CUSTOMER EXPERIENCE KONSUMEN DI KEDAI FILOSOFI KOPI JAKARTA SELATAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bakrie
Author
Febriani, Tashya
Subject
Communication Science 
Datestamp
2018-08-30 06:31:49 
Abstract :
Sejak dahulu warung kopi tidak hanya menjadi tempat untuk menghabiskan waktu sambil menikmati secangkir kopi, tetapi juga sebagai tempat bertemu untuk saling berbagi informasi mengenai kondisi lingkungan sekitar. Perilaku konsumen merupakan suatu hal yang dinamis, baik individu maupun grup konsumen, serta masyarakat luas selalu mengalami perubahan sepanjang waktu. Barlow dan Maul dalam Kartajaya (2006:95) menyatakan saat ini banyak pelanggan tidak hanya membutuhkan pelayanan atau poduk berkualitas tinggi, melainkan juga experience atau pengalaman positif, yang secara emosional sangat menyentuh dan memorable. Pembelajaran konsumen adalah suatu proses yang berkelanjutan, berlangsung terus menerus dan tidak pernah berhenti. Dengan belajar, seseorang akan memperoleh pengetahuan baru, dimana ia menerima informasi melalui panca indera dan berfikir dari pengalaman, sehingga semua proses belajar ini akan mempengaruhi apa yang diputuskan, apa yang dibeli, dan apa yang dikonsumsi (David chaney, 2007) dalam (Amalia, 2010). Kedai Filosofi Kopi dibuat bertujuan untuk tidak hanya agar konsumen dapat merasakan kenikmatan dari kopinya melainkan konsumen dapat secara langsung merasakan dan menciptakan suasana kebersamaan yang dimana konsumen dapat mengeskplor apa yang ingin konsumen lakukan pada kedai tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dimana dalam penelitian ini peneliti melihat pengalaman seperti apa yang dirasakan oleh konsumen kedai Filosofi Kopi yang dibagi menjadi 5 kategori experience, yaitu experience in product, experience in environment,experience in loyakity communication, experience in customer service and social exchanged,dan experience in events. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa customer experience dari ke lima narasumber megatakan bahwa pengalaman yang paling dirasakan oleh narasumber adalah experience in product, experience in environment, experience in customer service and social exchanged. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi gambaran mengenai perilaku konsumen dan pengalaman konsumen sehingga menjadi bahan rujukan untuk penelitian selanjutnya yang lebih mendalam. 
Institution Info

Universitas Bakrie