DETAIL DOCUMENT
PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH PADA VIDEO REVIEW YOUTUBER TERHADAP MINAT BELI GADGET ILEGAL (STUDI PADA VIDEO YOUTUBE “GONTAGANTIHAPE HD” TERHADAP PRODUK “XIAOMI MI NOTE 3” DALAM KOMUNITAS “Mi FANS JAKARTA”)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bakrie
Author
Pranata, Jefri
Subject
Marketing Communications 
Datestamp
2018-08-30 13:16:03 
Abstract :
Perkembangan teknologi yang semakin canggih serta penggunaan internet yang semakin luas membuat proses untuk mendapatkan sebuah informasi semakin mudah. Sehingga alasan seseorang untuk akhirnya membeli sebuah produk juga semakin kompleks, karena banyak faktor yang membuat konsumen atau calon konsumen akhirnya membeli/ membatalkan sebuah produk. Salah satu hal yang paling umum adalah, ulasan atau pendapat yang disampaikan sesama pengguna atau mantan pengguna dari produk yang akan dibeli, dengan perkembangan teknologi, ulasan atau pendapat yang dibutuhkan tidak hanya sebatas antar teman atau pada orang yang dikenal. Konsumen dapat langsung mengetahui pendapat serta opini dari pakar serta tokoh-tokoh yang ahli pada bilangnya. Berkat teknologi pula, bentuk ulasan dan opini yang dibutuhkan, banyak media sosial saat ini yang memungkinkan para penggunanya untuk menyebarkan konten berbentuk video interaktif. Sehingga opini yang disampaikan dapat disebarkan melalui medium elektronik dengan bantuan internet, atau yang lebih sering disebut Electronic Word-of-Mouth. Penelitian ini berfokus pada pengaruh eWOM pada video review Youtuber terhadap minat beli gadget ilegal, khususnya dalam komunitas Mi Fans Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui metode online survei. Populasinya adalah komunitas Mi Fans Jakarta dalam group WhatsApp “Mi Fans Jakarta”. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, non-probabilitas, dengan kriteria telah menonton salah satu video review di Youtube dan sudah menggunakan ponsel Xiaomi minimal 1 tahun. Sampel berjumlah 106 responden. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh eWOM yang signifikan terhadap minat beli. Dalam hal ini, untuk tingkat signifikansi 5%, maka diperoleh ttabel = 1.65964 (ttabel terdapat pada lampiran). Diketahui thitung sebesar 6.309. di mana 6.309 > 1.65964. Dengan demikian, Ho ditolak dan H1 diterima, artinya eWOM pada video review youtuber GontaGanti Hape memiliki pengaruh terhadap kepercayaan Minat Beli. Berdasarkan nilai pada tabel RSquare eWOM pada video review Youtuber Gonta Ganti Hape mempunyai kontribusi sebesar 38.3% dalam upaya mempengaruhi minat beli. Selebihnya sebesar 61,7% dipengaruhi faktor lainnya di luar dari konsep penelitian ini. 
Institution Info

Universitas Bakrie