Abstract :
Electronic Word Of Mouth merupakan suatu bentuk komunikasi perseorangan
melalui media online yang kini sudah menjadi tempat yang sangat penting untuk
konsumen memberikan opininya dan telah dianggap lebih efektif dibandingkan
word of mouth, karena tingkat cakupannya lebih luas dan dapat dilihat oleh siapa
pun. Dengan adanya electronic word of mouth sangat membantu calon konsumen
untuk mendapatkan kepercayaan terhadap produk yang ingin dibeli nya atau yang
telah dibeli nya. Konsumen biasanya mencari informasi terkait pembalut Herbal
Avail pada situs jejaring sosial seperti YouTube, Facebook, Blog, dan Instagram.
Situs jejaring sosial tersebut merupakan tempat para konsumen memberikan opini
nya tentang pembalut Herbal Avail dan mudah untuk di akses oleh siapa pun.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan analisis pengelolaan data
menggunakan indepth interview terhadap empat informan yakni wanita dewasa usia
25-40 tahun, yang menggunakan pembalut Herbal Avail. Hasil dari penelitian ini
menunjukan bahwa kepercayaan konsumen di dapatkan dengan menunjukkan opini
positif dari konsumen pembalut Herbal Avail lainnya, dan mendapatkan
rekomendasi dari orang sekitar terutama orang terdekat yang juga memakai
pembalut Herbal Avail. Selain itu pembuktian yang menunjukkan bahwa pembalut
Herbal Avail benar-benar aman digunakan dibandingkan dengan pembalut biasa
lainnya, dan bentuk perhatian yang lebih dari perusahaan berupa uang asuransi yang
ditawarkan.