Abstract :
Fenomena komunikasi pemasaran di media sosial Instagram menjadi tren dan
merupakan hal yang menarik untuk diamati. Para pelaku bisnis memanfaatkan Instagram
untuk memperkenalkan produknya kepada masyarakat yang lebih luas. Pada penelitian ini,
peneliti mengamati merek lokal Nayade House yang bergerak dalam bidang fashion dan
melakukan komunikasi pemasaran melalui Instagram. Nayade House menggunakan
Instagram sebagai platform media sosial utama dalam aktivitas promosi produk. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi melalui fitur-fitur Instagram terhadap brand
awareness pada Nayade House yang diturunkan melalui dimensi variabel hashtag (X1),
geotag (X2), follow (X3), share (X4), like (X5), comment (X6) dan mention (X7) terhadap
brand awareness (Y). Hipotesis penelitian ini diuji menggunakan analisis regresi linier
berganda pada 100 responden. Kriteria responden yang dipilih adalah followers Instagram
@nayadehouse serta masih aktif dalam menggunakan Instagram. Hasil penelitian yang
menggunakan metode kuantitatif menunjukkan bahwa terdapat pengaruh fitur-fitur Instagram
Nayade House terhadap brand awareness. Namun mengingat semakin menjamurnya Fashion
Online Shop di Instagram, maka @nayadehouse harus terus meningkatkan inovasi pemasaran
terutama dalam social media marketing yang dijalankan.