DETAIL DOCUMENT
ANALISIS SISTEM PELAYANAN OPERASI BANDAR UDARA DIVISI AIRPORT OPERATION CONTROL (AOC) BANDARA INTERNASIONAL SOEKARNO – HATTA CENGKARENG DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bakrie
Author
Farizi, Hanif Maulana
Subject
Business 
Datestamp
2018-08-31 07:28:36 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan berjutuan untuk menganalisa Sistem Pelayanan Operasi Bandar udara oleh divisi Airport Operation Control (AOC) yang dilakukan pada Bandara Internasional Soekarno – Hatta Cengkareng, serta untuk mengetahui faktor – faktor yang menyebabkan permasalahan dan memberikan usulan perbaikan terhadap aliran proses sistem pelayanan bandar udara dengan menggunakan metode pendeketan Business Process Improvement (BPI). Dalam menggunakan pendekatan dengan Business Process Improvement terdapat 5 tahap untuk memperbaiki proses. Karena keterbatasan kewenangan penelitian ini hanya sampai pada tahap merancang ulang proses. Perbaikan dilakukan dengan mengidentifikasi proses yang ada sekarang (As Is) dan memetakan proses tersebut lalu dilakukan Analisa untuk mencari penyebab permasalahan dan memberikan usulan perbaikan (To Be). Dengan menggunakan pendekatan Business Process Improvement, hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 5 proses bisnis utama yang saat ini dimiliki oleh divisi AOC pada Bandara Internasional Soekarno – Hatta Cengkareng, usulan perbaikan yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan eliminasi, simplifikasi, automatisasi, dan integrasi sistem pada keseluruhan aliran proses bisnis. 
Institution Info

Universitas Bakrie