DETAIL DOCUMENT
STRATEGI MEDIA RELATIONS ZALORA INDONESIA DALAM MEMELIHARA CITRA PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Hari Belanja Online Nasional 2017)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bakrie
Author
Magista, Rifka
Subject
Corporate Communication 
Datestamp
2018-08-31 08:09:06 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan membahas strategi media relations yang dilakukan oleh Zalora Indonesia dalam memelihara citra perusahaan Zalora Indonesia serta bentuk kegiatan media relations yang dijalankan dalam memelihara citra perusahaan Zalora Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan objek penelitian adalah hasil wawancara dengan praktisi public relations Zalora Indonesia mengenai strategi media relations Zalora Indonesia dalam membentuk citra perusahaan, produk, dan mekanisme berkaitan dengan perencanaan hingga evaluasi strategi tersebut. Data yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah data primer berupa hasil wawancara dengan divisi public relations dan marketing Zalora Indonesia dan data sekunder berupa studi literatur untuk memperkuat argumen penulis. Teknik pengumpuan data yang dilaukan adalah wawancara mendalam, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi media relations yang dilakukan oleh Zalora Indonesia dalam memelihara citra perusahaan adalah dengan memberikan tampilan berita mengenai Zalora berupa reputasi yang baik atau positif dengan menggunakan media sosial dan komunitas secara offline. Hal tersebut ditunjukkan dari publisitas yang baik di media online dengan melakukan strategi yaitu melayani media, membangun reputasi untuk keandalan, menyediakan salinan yang baik, dan kerjasama dalam menyediakan bahan, serta menyediakan fasilitas. Adapun bentuk-bentuk kegiatan media relations yang dilakukan dalam memelihara citra perusahaan Zalora Indonesia adalah press release (siaran pers), press conference (keterangan pers), dan press Luncheon. Saran yang dapat diajukan untuk para mahasiswa maupun pembaca mengenai strategi media relations adalah agar dapat melihat fenomena ecommerce yang terjadi secara lebih nyata dengan adanya keterkaitan secara lebih mendalam dengan narasumber, menggali faktor apa saja yang digunakan dalam strategi media relations, secara lebih riil dan seperti apa strategi media relations yang digunakan tersebut. 
Institution Info

Universitas Bakrie