DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian MacBook pada Mahasiswa di Jakarta Selatan
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bakrie
Author
Jacob, Billy Salmon
Subject
Branding (Marketing) 
Datestamp
2016-08-11 09:50:05 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian MacBook pada mahasiswa di Jakarta Selatan. Variabel persepsi harga memiliki tiga indikator yaitu keterjangkauan harga, daya saing dengan competitor, dan kesesuaian harga. Variabel kualitas produk memiliki lima indikator yaitu, performance, features, durability, conformance, dan reliability. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini disebarkan kepada 110 responden yang merupakan mahasiswa di Jakarta Selatan yang memiliki dan menggunakan MacBook. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kedua variabel independen (persepsi harga dan kualitas produk) terbukti memiliki pengaruh positif terhadap variabel dependen (keputusan pembelian). Degan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin positif persepsi harga seseorang terhadap sebuah produk, maka akan semakin besar dorongan yang akan muncul dalam melakukan keputusan pembelian, dan semakin tinggi kualitas yang dimilik suatu produk maka akan semakin besar juga dorongan yang akan muncul dalam melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini menggambarkan bahwa konsumen cenderung mulai tergerak untuk membandingkan kualitas dari suatu produk terhadap harga yang harus dikeluarkannya untuk mengetahui keuntungan yang ia dapatkan. Oleh sebab itu, penulis menyarankan pihak Apple untuk tetap konsisten dalam berinovasi terhadap produk MacBooknya, sehingga persepsi positif konsumen terhadap harga MacBook dapat tetap terjaga dan terus meningkatkan penjualan MacBook di pasar computer portable Indonesia. 
Institution Info

Universitas Bakrie