DETAIL DOCUMENT
REPRESENTASI KONSEP ROMANTIS DALAM IKLAN ASUS (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA IKLAN YOUTUBE ASUS ZENFONE 4 SELFIE PRO VERSI “GONG YOO & TATJANA ROMANTIC LOVE STORY”)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bakrie
Author
Wibowo, Amanda
Subject
Communication Science 
Datestamp
2019-02-19 08:48:19 
Abstract :
Komunikasi yang dilakukan oleh dua individu secara intim dan berkelanjutan, dapat menimbulkan dan melibatkan perasaan masing-masing. Interaksi tersebut menimbulkan kesan romantis dalam sebuah hubungan. Romantis merupakan wujud dari rasa cinta kepada pasangan. Sebagai salah satu produsen smartphone di Indonesia, Asus memperkenalkan produk Zenfone 4 Selfie Pro melalui Youtube beriklan dengan storytelling berkonsep romantis. Dalam iklan tersebut terdapat penggunaan tanda-tanda dan sistem tanda untuk merepresentasikan konsep romantis. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui makna denotatif, makna konotatif, dan mitos romantis menggunakan metode semiotika Roland Barthes dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Peneliti menelaah setiap adegan yang berkaitan dengan romantis dengan objek penelitian iklan Asus Zenfone 4 Selfie Pro versi ?Gong Yoo & Tatjana Romantic Love Story?. Dari analisis yang telah dilakukan, penulis menemukan bahwa iklan tersebut mengandung tiga dimensi yang merepresentasikan romantis yaitu gairah, komitmen, dan kedekatan atau keintiman dilihat dari kegiatan yang dilakukan oleh Gong Yoo dan Tatjana sebagai pasangan kekasih. Mitos romantis dalam iklan ini adalah tipe pria idaman wanita saat ini adalah pria feminine dengan alasan dapat menjadi pendengar yang baik, tidak kasar, lebih sensitive, dan lebih perhatian, sehingga keromantisan terwujud ketika pasangan dapat memahami, merasakan kenyamanan, dan memerhatikan pasangan seperti memerhatikan dirinya sendiri. Kata kunci : Komunikasi Pemasaran, Semiotika Roland Barthes, Romantis, Cinta, Representasi 
Institution Info

Universitas Bakrie