DETAIL DOCUMENT
PERSEPSI KONSUMEN DAN KEINGINAN MEMBELI TERHADAP PRODUK SUSU DENGAN KLAIM RENDAH LEMAK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bakrie
Author
Katyana, Nabila
Subject
Food Science and Technology 
Datestamp
2019-02-27 10:31:29 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi konsumen produk susu dapat mempengaruhi keinginan membeli. Dengan menggunakan metode cross - sectional, data yang digunakan dikumpulkan pada bulan Maret hingga April 2018 menggunakan survey online dengan sampel sebanyak 596 responden yang berdomisili di JABODETABEK. Responden yang digunakan merupakan konsumen produk susu yang pernah membeli dan mengkonsumsi produk susu. Dalam penelitian ini, produk susu yang menjadi objek penelitian adalah susu cair, keju, dan yogurt. Konsumen memiliki preferensi paling tinggi pada produk dengan klaim rendah lemak susu cair yang kemudian diikuti dengan yogurt dan keju. Alasan tertinggi di balik preferensi konsumen terhadap produk dengan klaim rendah lemak adalah karena sebagian besar konsumen memiliki persepsi bahwa produk dengan klaim rendah lemak lebih sehat dibandingkan produk tanpa klaim rendah lemak. Persepsi tersebut mempengaruhi keinginan membeli konsumen. Secara statistik, hanya persepsi dari konsumen produk susu cair yang mempengaruhi keinginan membeli. Pada keju dan Yogurt, tidak terbukti secara statistik bahwa persepsi pada produk tersebut mempengaruhi keinginan membeli. Konsumen yang memiliki persepsi positif (Lebih sehat, lebih enak, lebih mengenyangkan, tidak dapat mentoleransi jumlah lemak pada produk tanpa klaim rendah lemak) terhadap produk cenderung memiliki tingkat keinginan membeli lebih tinggi yang ditunjukkan dengan lebih banyak uang yang akan dikeluarkan untuk produk, dibandingkan dengan konsumen yang memiliki persepsi negatif (tidak ada perbedaan antara produk dengan dan tanpa klaim rendah lemak) terhadap produk. Kecuali untuk keju, sebagian besar konsumen memiliki tingkat keinginan membeli yang hampir sama yang ditunjukkan oleh jumlah uang yang akan dikeluarkan untuk produk sama banyak nya baik untuk konsumen yang memiliki persepsi positif atau negatif terhadap produk. 
Institution Info

Universitas Bakrie