Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pengelola dan promosi melalui media sosial instagram terhadap minat berkunjung kembali ke objek wisata Gunung Semeru. Di penelitian ini kualitas Pelayanan memiliki 5 dimensi yaitu bukti langsung, empati, daya tanggap, keandalan dan jaminan. Untuk promosi melalui media sosial instagram memiliki 4 dimensi yaitu konteks, komunikasi, kolaborasi dan koneksi. Serta untuk minat berkunjung kembali memiliki 4 dimensi yaitu past visit, sense of place, attachment to place, dan novelty seeking. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang melibatkan 100 responden. Responden dalam penelitian ini adalah pengunjung yang pernah mengunjungi Gunung Semeru lebih dari 1 kali. Sampel dikumpulkan dengan metode non probability sampling dan teknik purposive sampling. Regresi linear berganda digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pengelola memiliki pengaruh terhadap minat berkunjung kembali ke objek wisata Gunung Semeru. Namun promosi melalui media sosial instagram memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap minat berkunjung kembali ke objek wisata Gunung Semeru.