DETAIL DOCUMENT
Penyusunan Standard Operating Procedure (SOP) PT XYZ dengan Implementasi Scrum
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bakrie
Author
Larastika, Gizsya Resha
Subject
Corporate Governance 
Datestamp
2019-08-08 08:52:03 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan framework Standard Operating Procedure (SOP) yang dibutuhkan oleh perusahaan start-up yang mengalami perubahan yang cepat. Framework tersebut terdiri dari enam bagian utama, yaitu tim penyusun SOP, strategi penyusunan SOP, standar SOP, sistem perusahaan, sosialisasi SOP, dan evaluasi SOP. Keenam bagian ini berpedoman pada organization value sebagai panduan pelaksanaan dan pengambilan keputusan perusahaan. Tim penyusun SOP terdiri dari tim penyusun SOP dan tim SOP dari tiap divisi/departemen. Strategi penyusunan SOP terdiri dari empat bagian utama, yaitu menentukan peta proses bisnis, memahami struktur, membuat assessment kebutuhan SOP, dan melakukan siklus penyusunan SOP. Sementara itu, penentuan standar SOP disesuaikan dengan kebutuhan karyawan dan adaptasi terhadap sistem perusahaan. SOP kemudian disosialisasikan dengan strategi agent of change dan dievaluasi secara berkala untuk mendokumentasikan perubahan yang terjadi dengan cepat di perusahaan start-up. Kata kunci: Framework, SOP, business process, perusahaan start-up, perubahan 
Institution Info

Universitas Bakrie