DETAIL DOCUMENT
ANALISA E-SERVICE QUALITY VIRA PADA LINE BCA TERHADAP BRAND AWARENESS NASABAH
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bakrie
Author
ERSAFIRA, NADIA
Subject
Marketing 
Datestamp
2019-08-13 09:44:00 
Abstract :
Perkembangan teknologi mendorong masyarakat memasuki era digital yang lebih modern. Fenomena ini memengaruhi berbagai macam industri, salah satu nya industri perbankan. Demi meningkatkan efisiensi operasional dan mutu pelayanan bank kepada nasabahnya, pengembangan strategi bisnis yang mengarah pada layanan digital dianggap perlu. Menargetkan generasi milenial yang fasih menggunakan platform chatting online untuk saling bertukar informasi, PT Bank Central Asia, Tbk untuk selanjutnya disebut BCA, memperkenalkan layanan elektronik, atau e-service, VIRA. VIRA adalah virtual assistant di layanan chat banking BCA yang salah satunya terdapat di aplikasi chatting LINE. Demi efisiensi dan efektifitas perusahaan, brand awareness akan suatu produk merupakan salah satu hal yang penting agar produk tersebut menjadi pilihan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kualitas e-service VIRA di aplikasi LINE BCA terhadap brand awareness layanan elektronik VIRA di persepsi nasabah. Objek penelitian ini adalah ¬e-service quality sebagai variabel independen dan brand awareness sebegai variabel dependen. Hipotesis kemudian divalidasi dengan menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji korelasi sederhana (pearson product moment) dengan menggunakan 132 responden yang merupakan nasabah BCA pengguna VIRA di aplikasi LINE BCA. Hasil studi ini menunjukan bahwa kualitas e-service memengaruhi brand awareness layanan VIRA secara signifikan. 
Institution Info

Universitas Bakrie